StudyHard

StudyHard ini merupakan permainan J2ME yang dibuat untuk mengadu ketangkasan kita dalam menjawab soal matematika. Permainan ini dibuat untuk lomba SEAMOLEC ketika saya duduk di kelas 3 SMKN 1 Cimahi. Puji Tuhan, permainan ini dapat juara 3 dalam lomba SEAMOLEC.

Judul : StudyHard

Created by : Kevin R. Octavian sebagai programmer, Akbar Arifin sebagai programmer, Galih R Pratama sebagai designer.

Latar Belakang
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang paling menyulitkan bagi para kalangan siswa-siswa.Banyak siswa yang jatuh dalam mata pelajaran ini.Tak hanya itu juga,banyak siswa yang merasa bosan dengan cara belajar yang seperti itu saja.Untuk itu,kami membuat game sTudy hard ini agar siswa tidak merasa bosan dengan system belajar yang monoton.Dengan game ini,siswa diajak bermain dan belajar matematika.

Batasan Masalah
Banyak siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika sangat rumit dan membosankan.
Banyak orang tua yang beranggapan bahwa bermain game dapat menyebabkan anak malas belajar dan membuat anak menjadi bodoh.

Tujuan
Siswa dapat menyukai pelajaran matematika.
Bahwa game tidak selamanya membuat anak menjadi malas ataupun bodoh,tetapi sebaliknya menjadi anak rajin belajar.

Target Pasar
Game ini diajukan kepada siswa SD dan SMP.

Spesifikasi Hardware
Semua HandPhone yang support Java :
• CLDC : 1.1
• MIDP : 2.0
• Resolution :240 x 320

Genre
Education Interactive

Sinopsis
Ada sesorang yang bernama Chimaa. Dia masih kecil dan memiliki harapan untuk masuk sekolah SMKN 1 Cimahi.Disini kita berperan sebagai Chimaa yang berambisi untuk menggapai impiannya dapat bersekolah di SMKN 1 Cimahi.Permainan di mulai ketika Chimaa mulai masuk SD.Disini kita diberikan pertanyaan-pertanyaan tentang seputar matematika ,dan kita harus dapat menjawabnya sesuai dengan kelas yang kita hadapi.Tiap kelas akan berisi 10 soal matematika yang harus kita jawab.Dan ujung dari permainan ini adalah ketika Chimaa mendaftarkan diri untuk ujian masuk sekolah SMKN 1 Cimahi.Disini kita harus menjawab ujian tentang matematika tersebut.Apabila kita berhasil melewati rintangan ini,kita telah berhasil menggapai impian Chimaa.Dan apabila gagal,Chimaa akan menangis dan permainan berakhir.

StoryBoard
Resolusi terhadap permainan ini 240 x 320 .
1. Splash Screen 1
Waktu : 2 detik
Background : Gambar Logo Java Community Cimahi
2. Splash Screen 2
Waktu : 2 detik
Background : Gambar Splash Screen sTudy hard (Chimaa sedang belajar matematika di ruang belajar)
Terdapat tulisan “sTudy hard” dan pin yang bertuliskan angka 1.
3. Menu
Background : Gambar membelakangi Chimaa yang sedang belajar .
Terdapat list-list menu untuk permainan ini . Adapun menu-menu item tersebut adalah untuk :
-Main
Untuk memulai permainan ini.
-HighScore
Untuk mengetahui nilai tertinggi dalam permainan ini.
-Petunjuk
Untuk mengetahui cara bermain permainan ini.
-Tentang
Untuk mengetahui tentang pembuat permainan ini.
-Keluar
Untuk keluar dari permainan ini.
4. Petunjuk
Background : Gambar membelakangi Chimaa yang sedang belajar .
Terdapat petunjuk bagaimana cara memainkan permainan ini.
Terdapat tombol kembali untuk kembali ke menu awal.
5. Nilai tertinggi
Background : meja.
Image : kertas HighScore.
Di dalam kertas tersebut terdapat nama dan nilai tertinggi orang-orang yang sudah pernah memainkan permainan ini.
Terdapat tombol hapus untuk menghapus semua nama-nama yang terdapat pada daftar nama-nama yang memiliki nilai-nilai tertinggi.
Terdapat tombol kembali untuk kembali ke menu awal.
6. Tentang
Background : Gambar membelakangi Chimaa yang sedang belajar.
Di dalam gambar tersebut terdapat keterangan-keterangan tentang permainan ini.
Terdapat tombol kembali untuk kembali ke menu awal.
7. Mulai
Terdapat gambar kertas ujian yang diletakkan di atas meja.
Terdapat area jawaban.Terdapat timer.Timer disini berfungsi untuk mengatur waktu kita menjawab soal.Timer ini tergantung dengan level nya.Apabila dalam menjawab soal,waktu telah habis maka secara otomatis soal akan diganti berikutnya dan kita tidak mendapatkan nilai soal itu.Sedangkan apabila kita berhasil menjawab soal tersebut,kita akan mendapatkan nilai dan soal akan berganti.
Apabila semua soal telah dilalui , kemudian akan dihitung nilai yang didapatkan. Dan akan muncul laporan atas hasil yang kita kerjakan .Apabila memenuhi criteria maka , chimaa akan naik kelas. Sedangkan apabila kita gagal,maka kita diberikan kesempatan berikutnya.Kita diberikan 3 kesemapatan lagi.Dan apabila kesempatan itu habis,maka permainan akan selesai.

GamePlay
1. Basic Control
Tombol 1 ,2 ,3 ,4, 5, 6, 7, 8,9 ,0  untuk menjawab soal matematika yang ada di papan tulis.
2. Kelas
Game ini terdiri dari 9 kelas dan 1 ujian masuk SMKN 1 Cimahi yang tiap – tiap kelas nya memiliki 10 soal. Kelas – kelas tersebut terdiri dari :
• Kelas 1 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 5 – 20
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan dan pengurangan.
Waktu : 20 detik .
• Kelas 2 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 8 – 25
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan dan pengurangan.
Waktu : 20 detik .
• Kelas 3 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 10 – 30
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan dan pengurangan.
Waktu : 25 detik .
• Kelas 4 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 15 – 40
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan dan pengurangan.
Waktu : 30 detik .
• Kelas 5 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 15 – 45
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 40 detik .
• Kelas 6 (SD)
Latar belakang : buku dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 15 – 50
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 40 detik .
• Kelas 7 (SMP)
Latar belakang : buku dan bolpoint di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 25 – 60
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 40 detik .
• Kelas 8 (SMP)
Latar belakang : buku dan bolpoint di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 20 – 70
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 40 detik .
• Kelas 9 (SMP)
Latar belakang : buku dan bolpoint di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 35 – 80
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 40 detik .
• Ujian Masuk SMKN 1 Cimahi
Latar belakang : lembar jawaban ujian dan pensil di atas meja.
Jangkauan bilangan random : 75 – 150
Operator matematika yang digunakkan : pertambahan, pengurangan dan perkalian .
Waktu : 50 detik .

Unduh aplikasi : StudyHard.jar

Source code : sTudy hard.rar

StudyHard

3 thoughts on “StudyHard

Leave a comment