Instalasi dan Hello World pada Blackberry Tablet

Dah lama neh ane g post lg, jd pada post kali ini, ane iseng2 aja deh bikin tutorial bwt bikin aplikasi di blackberry tablet/playbook. Mudah-mudahan tutorial ini dapat membantu teman-teman yang hendak mendevelop aplikasi di playbook ini..:)

Ok, tanpa basa – basi, langsung aja kita mulai.

Persiapan alat-alat yang akan kita gunakan.

1. Unduh Adobe Flash Builder (http://www.adobe.com/products/flash-builder-family.html) dan lakukan instalasi terhadap flash builder tersebut.

2. Unduh “BlackBerry Tablet OS SDK for Adobe AIR” (http://us.blackberry.com/developers/tablet/adobe.jsp) dan lakukan instalasi. Apabila dalam proses instalasi ada pertanyaan “Integration with Adobe Flash Builder” pilih Yes dan “Integrate with the Flash Builder plug-in for Eclipse” pilih Yes

3. Unduh “VMware® Player” (http://downloads.vmware.com/d/info/desktop_downloads/vmware_player/3_0) dan lakukan instalasi.

Sekarang aplikasi yang kita butuhkan telah terinstall semua. Sekarang kita akan melakukan konfigurasi terhadap aplikasi-aplikasi tersebut. Pertama-tama kita akan konfigurasi

1. Buka adobe flash builder yang telah terinstall, pilih menu window preferences.

2. Buka pilihan Install/Update. Kemudian pilih “Blackberry Tablet OS update site”.

3. Pilih OK.

Apabila hendak meng-update plugin tinggal buka menu Help Install Software, kemudian pada “Available Software” pilih “Blackberry Tablet OS update site”

Sekarang kita akan menjalankan simulator blackberry playbook.

1. Buka VMware yang telah diinstal.

2. Pada home screen, pilin open a virtual machine.

3. Kemudian masuk ke tempat instalasi blackberry tablet os sdk (klo saya di C:\Program Files\Research In Motion\blackberry-tablet-sdk-1.1.0) .

4. Kemudian buka folder BlackBerryPlayBookSimulator kemudian pilih .vmx lalu pilih play.

Sekarang simulator untuk playbook telah berjalan.

Langkah selanjutnya, kita akan membuat aplikasi pertama kita pada device playbook ini atau yang orang sering sebut Hello World.

1. Buka Adobe Flash Builder, kemudian pada menu File pilih NewActionscript Mobile Project.

2. Pada field Project Name, tuliskan nama projectnya, misalnya “Hello World”.

3.  Untuk Flex SDK version, pilih Use Default SDK.

4. Pilih Next, pada Target Platforms, nonaktifkan Apple iOS dan Google Android.

5. Kemudian pilih Finish.

6. Kemudian tuliskan kode seperti berikut :

package
{
    import flash.display.Sprite;
    import flash.display.StageAlign;
    import flash.display.StageScaleMode;
    import qnx.ui.text.Label;

    [SWF(height=”600″, width=”1024″, frameRate=”30″, backgroundColor=”#FFFFFF”)]
    public class Main extends Sprite
    {
        public function Main()
        {
            super();

            // support autoOrients
            stage.align = StageAlign.TOP_LEFT;
            stage.scaleMode = StageScaleMode.NO_SCALE;
            initializeUI();
        }

    private function initializeUI():void
    {
        // create a label
        var myLabel:Label = new Label();
        // set the label to appear at the center of the screen
        myLabel.x = (stage.stageWidth – myLabel.width) /2;
        myLabel.y = (stage.stageHeight – myLabel.height) /2;
        // set the label text to “Hello, World!”
        myLabel.text = “Hello, World!”;
        myLabel.width = myLabel.textWidth + 10;
        // add the label to the screen
        addChild(myLabel);
    }
}
}

7. Kemudian save project tersebut.

Setelah membuat kode action script, sekarang kita akan mengkonfigurasi untuk build dan packaging.

1. Klik kanan pada project Hello World nya, kemudian pilih Properties.

2. Pilih ActionScript Build PackagingBlackBerry Tablet OS. Centang Add platform specific librairies to library path.

3. Kemudian OK.

Sekarang kita akan menambahkan icon kepada aplikasi Hello World kita. Caranya seperti berikut :

1. Siapkan terlebih dahulu icon yang akan digunakan (ukuran 86×86)

2. Setelah icon sudah siap, klik kanan pada folder src (terdapat pada project Hello World), kemudian klik kanan pilih Import.

3. Pilih GeneralFile System.

4. Kemudian pilih Next, browse gambar yang akan dimasukkan. Kemudian pilih Finish.

Setelah dimasukkan, sekarang kita akan tambahkan kode untuk mengatur agar icon aplikasi yang kita buat adalah gambar yang dimasukkan.

1. Buka file blackberry-tablet.xml, kemudian tambahkan kode ini ditengah-tengah kode.

<qnx>
<icon>
<image>your_image.png</image>
</icon>
</qnx>

2. Kemudian save.

Ok, tuk pembuatan aplikasi kita sudah selesai. Sekarang kita akan mencoba untuk menjalankan aplikasi yang telah kita buat terhadap playbook nya.

1. Pada menu Run, pilih Debug Configurations.

2. Klik kanan pada Mobile Application, kemudian pilih New.

3. Kemudian pilih Install and launch the application on the device.

4. Kemudian pilih Configure maka akan tampil kotak dialog baru Test Device. Kemudian pilih Add, maka akan muncul kotak isian. Beri nama Playbook Simulator pada Device Name.

5. Pada Device IP, isilah IP simulator nya. Untuk mendapatkan ip pada simulator, masuk ke simulator playbook nya, kemudian pilih Development mode. Kemudian isi IP pada Device IP sesuai dengan IP tersebut.

6. Kemudian pilih OK, OK, Apply, Debug. Maka akan muncul kotak yang berisi password. Masukkan dengan password “playbook” dan pilih Save Password.

Dan berikut ini hasilnya :

OK, sekian tutorial dari saya, selamat mencoba. Apabila yang hendak ditanyakan silahakan share disini aja. Dtinggu aja kelanjutan dari tutorial playbook nya y..:D

Selamat mencoba, Tuhan memberkati..:)

Advertisements
Instalasi dan Hello World pada Blackberry Tablet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s