SITUS MEGALITH GUNUNG PADANG – CIANJUR, JAWA BARAT

PANO_20150221_131515

Kemarin lusa (21/02/2015) pukul 8.45, kami berangkat menuju Situs Gunung Padang – Cianjur, Jawa Barat.  Situs Gunung Padang ini merupakan situs peninggalan prasejarah kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Situs ini berada tepat di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. (Wikipedia)

Perjalanan kami mulai dari Cimahi. Dengan bantuan google maps, waktu yang kami tempuh untuk mencapai lokasi kurang lebih 2 jam 15 menit. Kurang lebih 1 jam 15 menit untuk kami tiba di persimpangan kota kecamatan Warung Kondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan  Sukabumi. Jalanan yang sepi membuat perjalanan menjadi lebih cepat, disamping adikku yang senang mengendarai motor dengan cepat. Dari situ, perjalanan masih sekitar 20 km lagi untuk sampai di lokasi Situs Gunung Padang. Jalanan yang berlubang dan berpasir di setiap tikungan, membuat kami untuk berhati – hati dalam mengendarai kendaraan beroda dua tersebut.

Satu jam kemudian, akhirnya kami tiba di Gerbang Pintu Masuk Situs Megalith Gunung Padang Cianjur. Untuk mobil atau kendaraan beroda empat lainnya dapat memarkirkan kendaraannya di dekat lokasi tersebut. Sedangkan untuk motor dapat membawa masuk kendaraanya ke pintu pos. Jarak antara gerbang pintu masuk dan pintu pos Situ Megalith hanya beberapa ratus meter.

Gerbang Pintu Masuk

Kebetulan kami membawa motor, sehingga kami memarkirkan kendaraan kami di dekat pintu pos. Biaya parkir motor sebesar Rp 5.000,-. Dan biaya karcis masuk sebesar Rp 4.000,-. Di dekat pos ada mata air yang cukup bersih. Lumayan untuk membersihkan wajah dari debu jalan dan merapihkan rambut yang lepek. Setlah itu kita disuguhkan oleh 2 jalan menuju puncak gunung, yakni jalan alami yang masih bebatuan dan jalan yang telah dibuat oleh pemerintah. Rencana kami naik dari jalan buatan dan turun dari jalan alami. Tetapi setelah sampai diatas, baru diketahui bahwa jalan alami hanya untuk naik saja. Tidak bisa untuk turun.

Tiket parkir motor & Tiket masuk Situs Gunung Padang
Pilihan jalan menuju Puncak Situs Gunung Padang

Untuk mencapai puncak Situs Gunung Padang diperlukan waktu kurang lebih 5-10 menit. Pukul 11.03 akhirnya kami sampai di puncak. Kami disuguhkan beberapa susunan batu yang berantakan. Meskipun berantakan, tetapi tetap indah dan kagum. Konon tempat ini diduga sebagai tempat pemujaan sejak 5200 SM. Tak aneh, beberapa batu apabila dipukul dapat mengeluarkan suara. Ada beberapa larangan pada area ini yakni, dilarang memukul batu, dilarang berdiri/duduk diatas batu yang berdiri karena dapat merubah susunan batu dan dilarang mencoret2 batu.

IMG_20150221_122821
DIlarang memukul batu

IMG_20150221_121631IMG_20150221_122917IMG_20150221_121811

Setelah 4 jam kami menikmati wisata di situs gunung padang, akhirnya kami turun dan kembali pulang ke kota Cimahi.

Advertisements
SITUS MEGALITH GUNUNG PADANG – CIANJUR, JAWA BARAT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s